Mengenal Regedit Komputer

Registry Windows merupakan satu set file yangbe risikan database informasi dan dipakai untuk membatu Windows dalam melakukan pengontrolan perangkat keras, perangkat lunak, lingkungan pemakai dan interface. Registry juga dikembangkan sebagai suatu file referensi untuk asosiasi file data ke aplikasi. Sebenamya terdapat beberapa buah file yang digunakan untuk mengatur konfigurasi Windows seperti Win.ini, System.ini, Boot.ini dan sebagai nya. Tetapi karena keterbatasan file-file tersebut dalam melakukan manipulasi, dibuatlah data-base dan terregistrasi secara OLE dan beberapa file INI untuk dapat melakukan pengaturan system secara lebih lengkap.

Untuk menjalankan Registry, gunakan [Start > Run…] ketik [Regedit] lalu [Ok]

Terdapat lima pengelompokan registry seperti berikut:
• HKEY_CLASSES_ROOT
Merupakan tempat penyimpanan asosiasi file dan tempat dimana Windows akan mencari folder khusus yang bertipe Classes sebagai kelas-kelas yang dipakai sistem operasi secara global.

• HKEY_LOCAL_MACHINE.
Bagian ini menyimpan setting global (non user spesific) dari komputer yang sedang digunakan. Setting ini berhubungan dengan perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat komunikasi. Contoh proses yang bisa dilakukan pada bagian ini misalnya pengaturan startup program, loading driver-driver hardware, remote connection, DNS Client, manajemen memory dan sebagainya.

• HKEY_CURRENT_USER.
Bagian ini merupakan penyimpanan setting personal untuksetiap user yang menggunakan komputer. Beberapa yang bisa dilakukan pada bagian ini misalnya untuk melakukan pengaturan menu, desktop, kualitas warna, wallpaper, taskbar dan sebagainya.

• HKEY_USERS.
Bagian ini menyimpan setting spesitik atau pengaturan tertentu yang dilakukan oleh pemakai komputer seperti misalnya layout desktop dan pengaturan program aplikasi. Jadi bagian ini menyimpan kunci indukyang temubung dengan pengaturan yangdilakukan setiap user yang berbeda.

• HKEY_CURRENT_CONFIG.
Menyimpan informasi dari profil perangkat keras yang terpasang. Isinya sebenarnya sama dengan Hkey_Local_Machine\Config.

Pengenalan nama-nama bagian dari dpat dijelaskan seperti berikut ;

  1. Secara garis besar kolom registry terbagi dua yang dibatasi oleh sebuah garis tebal vertical, yaitu kelompok kiri merupakan kelompok KEY dan kelompok kanan merupakan kelompok yang disebut VALUE.
  2. Ikon paling kiri (mirip folder) disebut KEY yang diikuti nama key yang bersangkutan mis ; HKEY_CURRENT_USER
  3. Didalam sebuah ikon key masih ada lagi ikon yang disebut sub key begitulah seterusnya. Artinya semua ikon didalam ikon setelah ikon key disebut sub key
  4. Kelompok VALUE terbagi atas tiga kolom.
  5. Kelompok dibawah [Name] adalah nama Value
  6. Kelompok dibawah [Type] adalah tipe Value
  7. Kelompok dibawah data adalah nilai Value. Nilai inilah yang dapat kita manipulasi untuk melakukan setting tertentu pada system Windows.

2 Balasan ke Mengenal Regedit Komputer

  1. cabadak1 mengatakan:

    Pengenalan situs Terbatas sekarang sangat mudah dengan pengaturan dns google
    http://www.cabadak.com/google-dns-ayarlari-nasil-yapilir/

  2. Blackjack mengatakan:

    Good post. I learn one thing more difficult on different blogs everyday. It is going to all the time be stimulating to read content material from different writers and practice a bit of something from their store. I’d favor to make use of some with the content on my blog whether or not you don’t mind. Natually I’ll provide you with a hyperlink in your net blog. Thanks for sharing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: