Bapedalda Siap Bahas Amdal Trumon-Buloh Seuma

Ditulis oleh Serambi Indonesia
Rabu, 20 Mei 2009 14:15
BANDA ACEH – Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Provinsi Aceh, Husaini Syamaun menegaskan, pihaknya siap membahas Amdal Jalan Trumon-Buloh Seuma jika studi Amdal telah dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Aceh. Kesiapan ini untuk menyahuti harapan masyarakat di kawasan itu yang ingin segera bebas dari keterisoliran.

Dijelaskan, sebelumnya pihaknya memang telah membuat Kerangka Acuan untuk Jalan Trumon-Buloh Seuma dan Buloh Seuma-Kuala Baru. Kerangka Acuan ini dibuat berdasarkan usulan dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil. “Yang baru kita lakukan pun sebatas membuat Kerangka Acuan. Sekarang kalau pihak pemrakarsa membuat dokumen Amdal, kita siap membahasnya,” katanya kepada Serambi, Selasa (19/5).

Kerangka Acuan merupakan uraian secara garis besar tentang hal-hal apa saja yang menjadi kriteria atau parameter yang perlu diteliti untuk menyusun sebuah dokumen Amdal. Amdal adalah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, yakni kajian mengenai dampak positif dan negatif dari suatu rencana kegiatan/proyek, yang dipakai pemerintah dalam memutuskan apakah suatu kegiatan layak atau tidak layak lingkungan.

Menurut Husaini, jika pembangunannya dilakukan, dipastikan Jalan Buloh Seuma-Kuala Baru melewati areal Suaka Alam Margasatwa Rawa Singkil. Husaini mengakui hingga kini pun belum ada surat izin untuk pembukaan Jalan Buloh Seuma-Kuala Baru. Saat ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah dokumen Amdal, Husaini menyebutnya sangat relatif. Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Aceh Muhyan Yunan mengatakan, pihaknya siap menyelesaikan studi Amdal untuk ruas Jalan Trumon-Buloh Seuma. Sedangkan Jalan Buloh Seuma-Kuala Baru tidak akan dibuat studi Amdal, sepanjang tidak keluar izin dari Menteri Kehutanan.

Sedangkan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh, Bambang Antariksa, dalam keterangannya kepada pers mengatakan, ruas Jalan Trumon-Buloh Seuma masuk dalam kawasan Suaka Margasatwa. Walhi menyetujui pengembangan jalan tersebut, tetapi dengan regulasi khusus agar kawasan itu tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. [si]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: