Bupati Makmursyah Putra : Jalan Kuala Baru-Trumon Dambaan Warga Aceh Singkil

Jakarta, (Analisa)

Bupati Aceh Singkil, H.Makmursyah Putra, SH, MM menyebutkan, pembangunan peningkatan jalan trace Kuala Baru, Aceh Singkil menuju Trumon, Kabupaten Aceh Selatan merupakan dambaan 112 ribu jiwa lebih warga kabupaten itu.

Betapa tidak, di kawasan ini ada satu kecamatan yang hanya dapat dijangkau dengan perahu bermesin kecil di seberang sungai Singkil, yakni Kecamatan Kuala Baru dengan jumlah penduduk 3.404 jiwa lebih.

“Dengan peningkatan ruas jalan ini, maka berbagai kendala yang dirasakan masyarakat setempat akan teratasi dan warga akan merasakan nikmatnya hasil pembangunan yang dilaksanakan,” ujar Bupati Makmursyah Putra dalam paparannya pada acara pertemuan Pemkab Aceh Singkil dengan Kementerian Kehutanan RI yang dipimpin Direktur Konservasi Kawasan, Ir Sonny Partono, MM, di Gedung Manggala Wanabakti Departemen Kehutanan RI Jakarta, Selasa (26/1).

Menurut Makmur, dengan dibukanya ruas jalan ini sejumlah kendala yang selama ini menghambat akan dapat diatasi. Seperti pemasaran hasil tangkapan nelayan dari Kuala Baru, koordinasi pemerintahan kecamatan dengan kabupaten, pelayanan kesehatan rumah sakit, pendidikan, pengembangan infrastruktur (listrik dan air minum) akibat keterisoliran kecamatan ini.

Daerah ini akan berkembang karena terbuka hubungan darat yang efektif antara Aceh Singkil dengan kawasan pantai barat Aceh. Dan membuka hubungan strategis Aceh dengan Sumatera Utara melalui Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Menjaga Kelestarian Hutan

Bupati membandingkan jarak tempuh ke Tapaktuan, Aceh Selatan melalui Subulussalam sekitar 230 km, sedangkan melalui ruas jalan yang akan ditingkatkan ini hanya sekitar 150 km. “Jadi ruas jalan ini merupakan jalan harapan untuk segera dibangun agar dapat mensejahterakan masyarakat. Pemerintah pusat khususnya Departemen Kehutanan RI diharapkan memberikan dukungan melalui izin yang segera diturunkan. Masyarakat telah menyatukan komitmen akan menjaga kelestarian hutan dengan kearifan lokal yang dimiliki,” kata Makmursyah Putra.

Ditambahkan, yang memerlukan izin hanya peningkatan pembangunan ruas jalan dalam kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil sepanjang 2,9 km dengan lebar 12 meter. Trace jalan ini sudah ada sejak zaman Belanda, dan pernah ditingkatkan oleh perusahaan pemegang HPH PT Lembah Bhakti tahun 1978 dan dilanjutkan oleh Pemkab Aceh Selatan tahun 1982.

Diungkapkan, Kuala Baru dengan salah satu desanya Kayu Menang adalah Kota Singkil masa lalu yang menjadi pusat perdagangan sekitar tahun 1836. Dengan perkembangan zaman, Kota Singkil berpindah ke seberang sungai Singkil yang dikenal dengan New Singkil.

“Jadi membuka kawasan itu bukan hal baru, tetapi mengembalikan kecemerlangan masa lalu sebagai pintu masuk ke kawasan pedalaman Aceh Tenggara, Aceh Tengah dan Singkil pedalaman,” tegas bupati.

Makmur mengharapkan pembangunan jalan sejak dari Kampung Kilangan menuju Kuala Baru segera dimulai, dan selesai sesuai jadwal agar dapat dilaksanakan perayaan HUT ke-65 RI di Kuala Baru. Alokasi dana dari APBA senilai Rp2,7 miliar telah dikucurkan untuk pembangunan jalan itu. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aceh Singkil, Mahyuddin Desky, BE mengatakan, dari dana itu telah dilakukan pengerasaan jalan dari Kampung Kilangan-Kayu Menang, Kuala Baru, kemudian dari Kuala Baru-Suak Merah. Dari Singkil ke Kayu Menang menyeberangi sungai Singkil, telah disiapkan rakit. Mahyudin optimis pembangunan jalan tersebut akan terwujud sebagai kado besar bagi HUT ke-65 Kemerdekaan RI. (sjp)

2 Balasan ke Bupati Makmursyah Putra : Jalan Kuala Baru-Trumon Dambaan Warga Aceh Singkil

  1. wahyu mengatakan:

    lnjtkn prjuangan …….salam yusrida…wayar

  2. wahyu mengatakan:

    biarpun sya bkn wrg singkil tp sya prnh di singkil slama setahunpngsn …..singkil sdh jd kmpg hlmn sya…semangat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: