Jalan Utama Trumon Memprihatinkan

4 Januari 2010, 09:25
Jalan Utama Trumon Memprihatinkan
Aceh Selatan

TAPAKTUAN- Kondisi ruas jalan utama menuju pusat Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, kini semakin memprihatinkan. Bahkan badan jalan sepanjang 6 km yang menghubungkan tiga desa, yakni Desa Sigleng, Ujung Tanoh dan Keude Trumon itu nyaris tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua dan empat, karena dipenuhi libang-lubang besar.

Camat Trumon, Isa Ansari, kepada Serambi, Minggu (3/1) mengatakan, kerusakan jalan utama menuju pusat kecamatan itu sudah berlangsung sekitar 22 tahun. Bahkan kini semakin sulit dilintasi kendaraan roda dua dan empat, karena jalan sepanjang 6 km itu dipenuhi lubang-lubang besar, akibat banjir dan sering dilintasi truk pembawa material pembangunan jalan Tebing Tinggi.

Kondisi ini tidak hanya mengganggu para para petani untuk memasarkan hasil pertaniannya di pusat kecamatan, namun kerusakan jalan itu juga meresahkan para warga lainnya yang sering menjadi korban karena kendaraanya terjebak dalam lubang. Dikatakan, meskipun kerusakan jalan itu sudah berlangsung puluhan tahun, namun hingga kini belum terlihat adanya tanda-tanda akan diperbaiki. Padahal masalah kerusakan jalan itu sudah berulangkali disampaikan ke dinas terkait.

“Kita sudah pernah mengusulkan pembangunan jalan itu, namun hingga kini belum ada realsiasinya,”katanya. Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum (PU) Aceh Selatan, Zuhri Azman yang dihubungi secara terpisah, mengakui sudah pernah mengusulkan pembangunan jalan Desa Sigleng-Keude Trumon sepanjang 6 km itu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh belum lama ini. Bahkan pihak pemprov menyatakan jalan utama menuju pusat kecamatan yang sudah rusak puluhan tahun itu akan dibangun pada April 2010. “Jalan itu akan dibangun dengan dana Otsus 2010,” katanya. (az)

sumber : http://serambinews.com

13 Balasan ke Jalan Utama Trumon Memprihatinkan

  1. Hendra mengatakan:

    wah, hebat nih udah 22 tahun…. bisa kita masukkan ke MURI ini atas prestasi PEMDA disana….

  2. mrs. xxxx mengatakan:

    apa disana tidak ada pemerintahnya ya hingga bisa terlantar jalan menuju kota kecamatan 22 tahun. Sangat menyedihkan sekali…

  3. vico hunter mengatakan:

    pane na..di pemerintah daerah gabuk ngon moto dinas..boh pane lom di pike ke ureung gampong..
    hahahah..yang na dipaso sit aso prut..aso utak hantom di update…:(
    hahahahahhahahh

    • ehp mengatakan:

      nyan cit kah beutoi that,… maka jieh loen coba untuk sma2 tanyoe untuk saling membantu..

  4. HERRY ACEH mengatakan:

    Saya dulu udah pernah mempersoalkan kepada wakil bupati tentang jalan utama trumoen pada saat acara HALAL BIHALAL di kantor penghubung PEMKAB A.SELATAN, tapi tidak ada juga tanggapan.

  5. yudha mengatakan:

    beginikah kinerja pemerintah daerah disana, sangat menyedihkan sekali…

  6. T. MASHURI RAJA USIN mengatakan:

    menrut saya, pemerintah prov. harus segera merespon keluhan masyarakat apalagi daerah itu kan termasuk kategori pedalaman namun dijaman tehnologi sekarang ini, yang katanya sudah super canggih kemudian masih ada daerah kita yang sangat terisolir hanya karena infrastruktur jalan belum terealisasi hingga saat ini. apa artinya kemerdekaan republik ini kalau masih ada saudara2 kita didaerah pedalaman yang tidak merasakan sentuhan pembangunan secara riil atau nyata dari pemerintah berarti arti kemerdekaan yang mereka rasakan saat ini adalah kemerdekaan semu. lagi2 pemerintah harus segera merespon keluhan masyarakat untuk segera dibangun jalan kec. trumon yang merupakan akses utama masyarakat keluar daerah untuk memasarkan hasil produksi pertaniannya. Semoga bekerja lebih profesional dan menjaga kode etik sebagai seorang penulis dan carilah informasi sebanyak-banyaknya terutama yang berkaitan dengan masyarakat yang selama ini masih merasa termarjinalkan baik dari segi tehnology maupun disegi infrastruktur sehingga masyarakat kita benar2 merasakan arti kemerdekaan sejati. Thanks

  7. Kojet Sibuyung Katung mengatakan:

    saya rasa biar PEMKAB A.SELATAN sangat prihatin tentang keadaan trumon…
    sebaik nya kepala kecamatan trumon berharap ajukan sebuah profosal…agar PEMKAB A.SELATAN tahu sedetildetilnya tentang keberadaan trumon skarang….

  8. Teuku Masrizar mengatakan:

    Memang hal ini telah menjadi persoalan….
    secara personal kami sering bicara dan mengontak/bmenyampaikan hal ini kepada beberapa pihak yang dekat dengan kekuasaan,, namun juga belum membawa perubahan.

    Kedua, status jalan tersebut adalah jalan propinsi, karenanya pemerintah bawahan mesti memngusulkan hal ini serta mendapat dukungan dari pemkab dan diteruskan dke propinsi.

    namun lazimnya di NSB (negara sedang berkembang) proses pembangunan ternyata dekat sekali dengan politik, dan orang2 lokal masih sangat kurang pada posisi lingkar kekuasaan.
    Isa Ansari selaku camat sekarang sudah berusaha maksimal dan semoga tahun ini masuk dalam APBA walau pd APBA-P

    • kerinduankupadamu mengatakan:

      Perencanaannya sudah tiap tahun, tapi kenapa tidak pernah terealisasi satupu,… mestinya setelah 22 thun menunggu semoga kami masyarakat trumon mendapatkan jalan aspal beton dengan dua jalur bukan lagi aspal goreng yang hancur dalam beberapa tahun, dan saya sendiri tak akan berhenti berkoar sebelum jalan itu selesai dikerjakan. by EHP

  9. Teuku Iwan mengatakan:

    Sabar aja, kita tunggu tahun ini untuk pengerjaan Jalan Sp. 3 Pulo Paya – Keude Trumon……

  10. yusri rasyid mengatakan:

    sunguh tragis dan menyedihkan memang jika kita melihat kondisi jalan ke ibu kota Kecamatan Trumon, kalau kita buat perangkingan dan lainnya sungguh tidak ada lagi standar ukuran yang layak untuk itu, mengingat dari tingkatan kerusakan dan lamanya sudah kondisi jalan seperti ini dilalui oleh masyarakat disana, seingat saya sudah puluhan tahun, saya yakin sebelum Indonesia Merdeka jalan disana jauh lebih baik, mengingat disana dulunya ada sebuah kerajaan dari sembilan kerajaan yang ada di Aceh.

    • kerinduankupadamu mengatakan:

      ya,… saya sangat setuju dengan anda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: